Monday, April 30, 2012

Cara membuat mac bisa menulis dan memindah data ke hard disk Ntfs

Mac OS X secara bawaan memang tidak bisa menulis di hard disk yang berformat NTFS, hanya bisa membaca saja. Bagi yang sudah upgrade ke Snow Leopard, Anda bisa membuat Mac OS X dapat menulis ke hard disk NTFS hanya dengan beberapa langkah mudah. Silakan simak caranya.
Tutorial ini melibatkan penggunaan aplikasi Terminal, yaitu aplikasi Command Line Interface. Anda bisa cari Terminal dengan Spotlight. Apabila tidak ditemukan, lokasinya ada di folder /Applications/Utilities.
Sebelumnya Anda harus mencari dulu nomor Volume UUID hard disk NTFS. Caranya dengan memasukan perintah ini di Terminal.
diskutil info /Volumes/nama_hardisk
Ganti nama_hardisk sesuai dengan nama hard disk NTFS. Sebagai contoh, hard disk teman saya yang berformat NTFS adalah POPyArd. Maka perintah di atas menjadi.
diskutil info /Volumes/POPyArd
Kemudian tekan return, maka akan muncul informasi seperti ini.



Perhatikan yang ditandai
Salin (Command + C ) Volume UUID tersebut.
Langkah selanjutnya adalah mengedit berkas fstab Berkas ini adalah berkas konfigurasi hard disk yang biasa ditemukan di sistem operasi UNIX. Mac OS X merupakan salah satu sistem operasi UNIX, pastinya mempunyai berkas fstab.
Kembali ke terminal, ketikan perintah ini
sudo nano /etc/fstab
Supaya Anda mengerti akan saya jelaskan arti perintah di atas. Sudo adalah perintah untuk super user atau Administrator, apabila ini merupakan perintah sudo pertama, Anda akan diminta membuat password, atau akan diminta password Administrator. Nano adalah sebuah aplikasi text editor di CLI. /etc/fstab adalah lokasi berkas fstab yang ada di dalam folder etc. Jadi perintah di atas, memerintahkan Nano untuk membuka fstab dengan user Administrator.
Jangan lupa tekan return untuk memasukan perintah. Nanti layar Terminal akan menjadi layar aplikasi Nano.
Di dalam Nano masukan code ini
UUID=Tempelkan_UUID_kesini none tfs rw
Tadi kan sudah menyalin nomor UUID, tempelkan (paste) nomornya setelah sama dengan (=). Perintah saya jadinya seperti ini.
UUID=72C11092-CD57-4D2E-BF98-5DFC4D295E43 none ntfs rw



contoh perintah di dalam nano editor
Saatnya kita save file fstab. Untuk save tekan Control + X. Akan ditanya, tekan Y untuk menyimpan perubahan.
Dengan mengedit file fstab di atas, kita memerintahkan Mac OS X untuk mengaktifkan mode menulis di partisi NTFS.
Reboot-lah Mac Anda, dan hard disk NTFS pun bisa Anda tulis.
Apabila Ada hard disk baru, Anda harus memasukan nomor Volume UUID ke dalam file fstab lagi, kemudian reboot kembali. Merepotkan? Daripada gak bisa nulis, lebih baik repot :-). Tips ini hanya bisa di Snow Leopard.


0 comments:

Post a Comment