Wednesday, April 20, 2011

Di India, Tidak Pakai Helm Tidak Boleh Isi Bensin

Banyak cara untuk mempromosikan program keselamatan berlalu lintas. Pemerintah Uttar Pradesh, India bahkan punya cara unik untuk 'memaksa' warganya menggunakan helm. Bukan dengan sanksi tilang, melainkan tidak dilayani ketika membeli bensin.

Langkah unik ini terpaksa dilakukan oleh Pemerintah negara bagian Uttar Pradesh untuk membantu mengurangi dan mencegah kematian pengendara roda dua terutama karena kurangnya perlindungan di bagian kepala.

Dengan aturan baru ini, para pengendara di negara bagian dengan populasi terbanyak di India ini akan ditolak ketika mereka mengisi bensin bila mereka tidak pakai helm.

Untuk membuat aturan ini sukses, Pemerintah negara bagian Uttar Pradesh pun meminta kerjasama stasiun pengisian bahan bakar disana untuk membuat program ini sukses besar.

"Seluruh langkah ini bertujuan untuk melawan kecelakaan jalan yang berakibat fatal karena cedera kepala karena tidak menggunakan helm. Mulai sekarang dan seterusnya, pengendara roda dua tanpa helm tidak akan diberikan bahan bakar di pompa bensin," tegas hakim distrik Rigzin Sampheal seperti detikOto kutip dari Motorbeam,

"Dengan cara ini Anda dapat mengatakan bahwa helm akan bertindak sebagai tiket untuk mendapatkan bahan bakar untuk kendaraan. Para pemilik SPBU juga mengatakan mereka siap memberi potongan kepada mereka pengendara roda dua yang mengenakan helm," tambahnya.


Sumber : http://lintas-dunia-maya.blogspot.com/2011/04/di-india-tidak-pakai-helm-tidak-boleh.html

0 comments:

Post a Comment